Banyak tenaga kesehatan yang telah menggunakan RME dan beranggapan bahwa RME menghemat
waktu dalam menghasilkan catatan pasien serta meningkatkan efisiensi komunikasi. Rumah Sakit
Islam Jakarta Cempaka Putih telah menerapkan RME di unit rawat jalan sejak bulan April 2015. Saat
ini masih ada kendala yaitu beberapa pengguna masih merasa kesulitan dalam menggunakan RME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan RME dengan kepuasan tenaga
kesehatan di unit rawat jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Jenis penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 102 pengguna RME di
unit rawat jalan dengan besar sampel 81 orang terdiri dari PMIK, Perawat, Dokter, dan Farmasi.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, Pengumpulan data dilakukan
menggunakan kuesioner, dan Uji statistik dilakukan dengan uji spearman rank. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pada kepuasan tenaga kesehatan mendapatkan nilai minimum 17, maximum 33,
mean 24,07, dan standar deviasi 3,335. Penggunaan RME mendapatkan nilai minimum 13, maximum
22, mean 18,33, dan standar deviasi 2,092. Hasil uji spearman rank mendapatkan nilai r 0,392 dan pvalue
0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan RME
dengan kepuasan tenagga kesehatan, arah positif, dan kekuatan hubungan cukup. Dari hasil tersebut
diasumsikan terdapat faktor lain yang berhubungan dengan kepuasan tenaga kesehatan, diantaranya
yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan.